Saturday, September 27, 2008

Credit enhancement




Selalu yang jadi masalah bagi pengusaha adalah soal sumber daya keuangan. Dan setiap akses terhadap sumber daya keuangan memerlukan credit rating yang bagus. Tanpa credit rating, anda nothing. Kalaupun  credit rating ada tetapi tidak bagus, bisa saja mengakses sumber daya keuangan tapi tetapi cost of fund jadi mahal. Bunga tinggi. LTV dibawah 70%. Artinya anda harus sediakan sendiri sumber dana diatas 30%. Belum lagi anda harus melewati standar kapatuhan kredit seperti 6C. Umumnya lebih banyak gagal sebelum sampai financial clossing. Frustrasi. 


Lantas bagaimana caranya agar anda punya credit rating, terutama bagi pemula?  Dalam dunia keuangan ada yang disebut dengan credit enhancement ( peningkatan kredit).  Ada dua jenis credit enhancement. Pertama berasal dari internal. dan yang kedua, berasal dari ekternal.  Mari kita lihat contoh masing masing.  


Berasal dari internal


(I) anda punya aset berupa tanah atau bangunan yang nilainya diatas kredit yang anda butuhkan (over collateralize). Nah asset tidak perlu anda gadaikan tetapi dijadikan credit enhancement. Jaminan utama adalah proyek yang dibiayai itu sendiri. Dalam sistem perbankan ini disebut dengan Non Recourse loan. 


(2). Anda punya deposito di bank yang jumlahnya diatas kredit yang anda perlukan. Anda bisa jadikan deposito itu sebagai underlying untuk dapatkan pinjaman tanpa perlu mencairkannya. Selisih pendapatan bunga dari deposito dan biaya bunga kredit bank, itu disebut credit enhancement. 


(3). Menjadikan neraca perusahaan sebagai credit enghancement lewat pinjaman terstruktur ( Struktur senior atau subordinasi). Misal memisahkan utang jangka panjang dan dengan hutang jangka pendek. Utang jangka panjang maupun jangka pendekpun dipisahkan sesuai dengan arus cash.


Berasal dari eksternal.


(1). Anda bisa deal dengan orang yang kaya dan  punya rekening private banking. Nah rekening mereka itu disebut dengan cash collateral account. Itu bisa dijadikan credit enhancement lewat pemblokiran oleh trustee lawyer yang ditunjuk.  Bayangkan manfaatnya. Walau anda sebagai pemula tapi surat utang yang anda terbitkan bisa langsung ratingnya AAA. Pasti cepat dapatkan investor dan bunga murah. 


Tentu bisnis yang anda create harus bisnis yang properly dalam hal perencanaan dan study. Makanya perlu orang ahli financial analysis untuk menghitung resiko atas semua aspek bisnis anda.


(2).  Dalam hal transaksi jual beli atau kontrak pengadaan baragn atau jasa dimana orang tidak begitu yakin menyerahkan barang  atau jasa kepada anda tanpa DP atau jaminan cash, maka anda perlu credit enhancement. Nah bisa gunakan LC atau Surety bond.  Dengan LC yang diterbitkan bank dan atau  Surety bond oleh asuransi, itu menghilangkan keraguan terhadap anda.  Tentu transaksi yang anda lakukan itu harus aman secara legal maupun bisnis.


Nah dalam financial engineering peran credit enhancement itu sangat penting untuk menstruktur pembiayaan proyek. Maklum bisnis kan berkaitan dengan pembiayaan jangka pendek, menengah dan panjang. Kuncinya ada pada financial model dan business model. 


Misal, ada perusahaan ditribusi barang yang kesulitan cash flow. Nah anda bisa akuisisi perusahaan tersebut lewat program merger dengan perusahaan ecommerce warehousing market place. Artinya anda kuasai offline dan juga online. Value nya pasti naik berlipat. Karena anda sudah masuk dalam ekosistem bisnis. Credit enhancement akan menjadi solusi bagi anda untuk melakukan struktur pendanaan..

No comments: