Thursday, December 10, 2020

Peluang bisnis, energi plasma

 



Saya mau bicara tentang peluang bisnis energi terbarukan yang murah dan meriah. Tapi sebelumnya saya ingin mengajak anda kepada massa SLTA dalam belajar IPA. Tembaga seukuran 6 kg. Anda pecah menjadi dua. Hasilnya dua tembaga dengan berat masing masing 3 Kg. Kalau ada belah lagi jadi dua bagian masing itu , hasilnya 6 tembaga dengan berat 1,5 KG. Kalau terus anda belah dan belah. Sampailah ukurannya jadi debu. Namun secara phisika tidak mengubah apapun. Itu tetap tembaga sebagai sebuah partikel materi, yang tersusun dari atom, molekul, dan ion.  Semua paham ya apa itu Atom, Molekul dan ion.


Alam semesta, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia tersusun dari ratusan ribu sampai jutaan jenis zat atau materi. Bisa berupa zat tunggal maupun zat campuran. Apabila diuraikan, materi-materi ini merupakan kombinasi dari atom-atom. Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu elektron, neutron, dan proton. Elektron merupakan partikel bermuatan negatif yang berada di kulit atau di luar inti atom. Proton merupakan partikel bermuatan positif yang berada di dalam inti atom, sedangkan neutron merupakan partikel tidak bermuatan (netral) yang berada di inti atom bersama dengan proton. Artinya berkat atom, molekul dan ion tercipta.


Terus apa itu molekul dan ion ? Molekul merupakan gabungan dari dua atau lebih atom, bisa terbentuk dari atom yang sama. Tapi bisa juga terbentuk dari atom yang berbeda. Apa itu ion ? Ion adalah atom yang bermuatan listrik ( kutup negatif dan positif ). Ion akan terbentuk ketika sebuah atom melepas atau menerima elektron.  Jika atom menerima elektron, maka akan berubah menjadi atom bermuatan negatif. Sebaliknya,ketika atom melepaskan elektron, maka atom akan bermuatan positif. Itu semua hukum alam, disebut ionisasi. tertip dan teratur. Engga pernah mereka demo. Keren ya Tuhan.


Karena adanya energi panas. Bentuk fisika dari materi juga bisa berubah. Benda padat kalau dipanaskan ia jadi cair. Kalau tempratur panas ditingkatkan, yang cair jadi gas. Kalau terus dinaikan tempraturnya, yang gas menjadi plasma. Nah plasma itu jenis zat yang paling umum dijumpai di alam semesta ini. Kita biasa menjumpai plasma pada bintang-bintang dan ruang hampa di luar angkasa, sampai di inti bumi. Plasma mencakup lebih dari 99 persen zat penyusun dalam semesta ini. Secara fisika , plasma itu adalah gas yang terionisasi sehingga gas tersebut telah kehilangan elektronnya.


Nah sekarang kita kembali ke topik bisnis. Plasma dapat dijadikan sumber energi alternatif yang dapat diperbarui. Karena bila gas sudah kehilangan elektron dia bisa bergerak berkecepatan tinggi dan terjadilah benturan pada setiap partikel. Benturan ini menghasilkan reaksi fusi, energi panas. Panas inilah yang akan mendidihkan air sehingga menggerakan ketel untuk menghasikan energi listrik. Reaksi fusi sendiri merupakan salah satu energi nuklir. Energi ini yang digadang-gadang memiliki panas melebihi inti matahari dan berguna sebagai energi terbarukan. Ramah lingkungan untuk menggantikan energi fosil. Keren ya.

Tentu untuk menghasilkan plasma itu butuh energi panas yang luar biasa. Perancis sudah melakukan riset, namanya “ Plasma Tokamak” Apa itu. Membuat alat yang bisa menghasilkan panas melebihi matahari. Kemudian tekhnologi Tokamak itu dikembangkan China dalam proyek “Tokamak HL-2M. Proyek ini untuk menghasilkan energi plasma. Tahun 2025 proyek ini sudah bisa dikomersialkan. Di masa depan, Energi fosil udah jadi jadul. Nanti pembangkit listrik, kendaraan, pesawat terbang, kapal laut sudah tidak lagi menggunakan BBM tetapi plasma. Dalam hal ini Perancis dan China lead. 

No comments: