Monday, December 28, 2020

Securities crowdfunding peluang pembiayaan bagi UMKM


 



Katakanlah anda punya idea besar untuk mengelola bisnis baru yang menguntungkan. Atau anda punya usaha yang sudah berjalan seperti suplier pemerintah atau swasta atau kotraktor, property  atau punya usaha lain, tetapi anda tidak punya uang untuk pengembangan usaha. Mendapatkan investor tentu tidak mudah. Apalagi tidak kenal. Kalaupun kenal belum tentu percaya. DI sisi lain, banyak investor retail kecewa. Banyak penawaran crowdfunding pada akhirnya merugikan investor dan cenderung mengarah kepada fraud. Agar investor tidak dirugikan dan dunia usaha mendapatkan sumber pembiayaan maka OJK mengeluarkan aturan mengenai Securities crowdfunding.


Aturan tentang Securiteis Crowdfunding merepukan revisi dari equity crowdfunding. Apa itu securites crownfunding ? penggalangan dana lewat jaring sosial dalam bentuk saham ( stock) dan atau  surat utang/SUKUK/Obligasi.  Bagaimana listed nya? Hubungi Fintech yang  sudah terdaftar di OJK.  Apa syaratnya ? Harus badan hukum ( PT, CV, Firma, Koperasi ). Punya business plan atau studi kelayakan. Keterbukaan informasi. Bagi yang usahanya sudah berjalan, harus ada Neraca perusahaan. Masa penawaran maksimum 12 bulan dengan maksimum penggalangan dana Rp. 10 miliar.


Apa kelebihan dari securites crownfunding ? Pertama : Jumlah investasi bagi Investornya dibatasi. Untuk investor yang punya pendapatan dibawah Rp 500 juta/tahun hanya boleh berinvestasi  maksimum sebesar 5% dari penghasilan/tahun. Yang diatas Rp. 500 juta sebesar 10% maksimum.  Artinya secara financial mereka sudah stabil. Mereka pasti punya pengetahuan cukup untuk menilai penawaran saham atau surat utang anda. Jadi kemungkinan jadi ajang penipuan sangat kecil. Karena tidak mungkin dimanfaatkan untuk membujuk orang investasi diatas kemampuanya. Kalaupun gagal tidak akan membuat investor bangkrut. Kedua, Pemasaran lewat Fintec yang sudah punya ekosistem bisnis. Jadi lebih mudah dipasarkan efeknya. Ketiga. Investor tidak  bisa jual saham /efek itu dalam waktu tertentu. Jadi kemungkinan digoreng atau dibantai market sangat kecil. Keempat. Bisa dipadukan dengan strategi hedge fund/ lindung nilai dalam kurun waktu tertentu


Hedge Fund. 

Angel investor  dan Modal venture adalah sumber pendanaan yang dicari bisnis baru untuk tumbuh secara dinamis. Namun, bisnis dan wirausahawan baru biasanya mengalami kendala dalam meluncurkan ide dan berbagi keuntungan dengan investor. Faktor dasar yang menghalangi wirausahawan adalah menemukan investor cerdas dan berpendidikan yang bisa menjadi penyandang dana. Di sisi lain, investor membutuhkan platform yang kuat untuk mengukur profitabilitas ide bisnis dengan risiko minimal. Nah disinilah peran penting dari Hedge fund. Kelebihan hedge fund adalah mereka tidak diatur, dan mereka bisa mendapatkan lebih banyak investor melalui crowdfunding.


Apa itu hedge fund. Hedge fund atau dana lindung nilai adalah portofolio investasi yang agresif. Operator nya adalah perusahaan asset management yang terdaftar di OJK. Mereka menggunakan strategi investasi canggih di pasar lokal dan luar negeri untuk mendapatkan pengembalian yang tinggi. Hedge fund sebagian besar merupakan kemitraan private investment untuk sejumlah limited investor. Jangka waktu minimal investasi adalah satu tahun. Sekarang, setelah ruang crowdfunding berkembang, dan lebih banyak orang mencari peluang investasi, operator hedge fund telah mengalihkan perhatian mereka ke investasi crowdfunding.


Bagaimana membuat tertarik hedge fund player atas bisnis anda. ? Pertama. Pastikan ROI yang tinggi. Kedua. Ada akreditas terhadap pasar atau tekhnologi. Ketiga. Ide yang kreatif dan bukan bisnis masuk katagori sunset dan semua sarat legal usaha terpenuhi. Dengan tiga hal itu , masuklah jaringan sosial. Biarkan orang membicarakan ide anda itu. Semakin ramai yang kritik atau membenci dan tentu memuji, itu artinya idea anda bisa menarik perhatian orang banyak. Operator hedge fund akan melirik anda. Mereka investor cerdas. Mereka punya network dan informasi luas untuk mengetahui peluang bisnis anda feasible atau tidak. Mereka tahu bagaimana mempercantik anda. Meningkatkan value anda sehingga tidak sulit mendapatkan dan dipercaya  investor. 

Tapi bagaimanapun anda harus punya konsultan pendamping kalau ingin memanfaatkan securities crowdfunding sebagai solusi pembiayaan.

No comments: