Friday, May 8, 2020

angel investor


" Babo, boleh tanya engga ? tanya nitizen via WA.

" Tanya aja "

" Apa itu angel investor ? dan apa pula itu venture capitalist? 

" Kalau saya analogikan angel investor itu adalah merek kendaraan dan venture capitalist adalah kendaraan itu sendiri. Atau lebih tepatnya lagi angel investor itu adalah jenis bisnis yang menerapkan prinsip venture capitalist."

" Mengapa disebut angel ? 

" karena dia dianggap sebagai malaikat penolong. Bayangkan, anda hanya punya ide business berkaitan dengan tekhnologi tapi anda tidak tahu bagaimana memasarkannya, Tidak paham bagaimana mengelolanya. Tidak pula mengerti bagaimana mendapatkan uang untuk modal. Tidak mudeng bagaimana memproduksinya, Singkatnya anda hanya punya obsesi dan idea yang sudah bisa anda buktikan buah karya anda. Nah kalau anda datang ke bank pasti disuruh cuci muka. Kalau datang ke invetor disuruh tidur untuk sudahi mimpinya. Tapi jangan bersedih. Masih ada orang yang mau mendukung anda.

" Siapa dia ?

" Ya, dia adalah angel investor. Mereka akan membantu anda bagaimana mendapatkan modal. Bagaimana mengelola business itu. Dengan jaringan bisnis yang ada, dia akan membantu anda mendapatkan akses pasar. Dengan koneksi politiknya akan memudahkan anda mendapatkan izin. Kalau sampai dia keluar uang maka dia akan jadi mentor anda untuk suskes. Hebat kan."

" Wah hebat. Kereen! Siapa saja yang telah sukses berkat angel investor itu ?

" Mungkin anda tidak akan tahu siapa itu Jim Breyer dan Jeremy Levine? Tapi kalau disebut facebook tentu anda semua tahu. Dialah angel investor yang membuat Mark sukses dan kaya raya. Anda semua tahu apa itu Twitter. Tapi anda tidak mengenal siapa itu Peter Fenton dan Chris Sacca. Merekalah sang angel dari Twitter. Anda semua tahu apa itu Uber ? nah sang angel nya adalah Chris Sacca."

" Mengapa sang Angel investor mau mendukung hanya sebuah ide? 

" Biasanya faktor yang mendorong sang angel untuk terlibat membina sang pemula yang hanya punya mimpi adalah karena faktor satu almamater di universitas. Faktor ikatan etnis atau suku. Faktor adanya rekomendasi dari seorang yang sangat dipercaya reputasinya. Paham atas peluang bisnis yang ditawarkan."

" Diantara faktor faktor itu, apa yang paling membuat angel tertarik?

" Faktor yang sangat menentukan  adalah attitude. Sang Angel orang yang berpengalaman dalam bisnis dan mereka sudah sangat kaya. Tidak sulit bagi mereka untuk mengetahui karakter anda dalam beberapa kali pertemuan. Biasanya mereka undang anda minum kopi untuk membicarakan hal lainnya. Dan mendengar dengan seksama motivasi anda berbisnis dan obsesi anda."

" Apakah itu cukup? 

" Belum. Kadang mereka juga menguji anda dengan berbagai skenario untuk mengetahui pasti bahwa anda memang bermental pengusaha dan punya attitude baik."

" Terus apabila mereka setuju? What next ?

" Anda akan mendapakan akses pasar, tekhology, dan modal. Mereka punya team ahli dalam bidang management yang akan membantu anda menemukan solusi terbaik dalam menghadapi setiap kendala business process."

" Nah lantas darimana mereka dapat untung? 

" Karena intuisi bisnis mereka sangat tajam dan ahli dalam bisnis model maka tidak sulit bagi mereka menawarkan kerjasama bisnis yang saling menguntungkan. Umumnya mereka menetapkan skema hutang piutang melalui mekanisme Convertible note atau Mandatory Convertible bond atau Limited partnership fund ya semacam kerjasama sebatas uang saja tanpa dikaitkan dengan saham namun sebelum modal kembali plus untung mereka punya hak mengelola perusahaan anda."

" Engga paham, Babo. Bisa jelaskan sedikit "

" Sebagai ilustrasi saya uraikan contoh sebagai berikut : ketika awal mereka injek modal dan sumberdaya lainnya nilai saham Rp 10 perlembar. Semua saham milik anda dijual dalam posisi terjual  kepada mereka dengan opsi anda berhak membeli kembali dengan harga yang ditetapkan di depan. Mereka minta anda harus membeli kembali saham itu dengan harga Rp 50 per lembar ketika akan masuk bursa atau masuk putaran investasi berikutnya. Tanggal atau waktunya ditetapkan di depan. Walau semua saham sudah di MCN namun anda tidak kehilangan posisi sebagai pendiri. Selama proses menuju bursa itu mereka dengan keahlian team managemen dan sumber daya yang dimiliknya , akan bekerja keras mempercantik perusahaan anda agar layak melantai di Bursa atau setidaknya masuk putaran pembiayaan berikutnya melalui ventura capital. Ketika proses IPO dilakukan, kalau ternyata harga di underwrite oleh fund manager Rp. 75 per lembar maka anda akan untung sebesar Rp. 25 perlembar dari harga Repo."

" Apa yang terjadi ternyata harga saham jatuh dibawah harga MCN"

" Ya angel akan rugi dan anda bisa melepas hak opsi itu masalah utang selesai atau kemungkinan lain opsi MCN diperpanjang dengan menarik investor institusi sampai value perusahaan diatas harga MCN."

" Apakah semua yang ditangani angel investor itu sukses? 

" Tidak semua. Banyak yang gagal dan banyak pula yang sukses. Tapi tingkat kegagalan itu dapat diminimize dengan exit strategy yang mereka miliki dan soal ini mereka jagonya. "

" Dari mana angel investor mendapatkan uang untuk membiayai itu semua ? 

" Umumnya mereka ambil dari cadangan laba ditahan. Daripada ditempatkan di bank dalam bentuk deposito atau ditempatkan dalam surat berharga yang tingkat yield rendah, lebih baik mereka tempatkan dalam dana venture. Tentu akan lebih besar yield nya apalagi mereka punya keahlian dan jariangan bisnis untuk memastikan peluang venture itu sukses."

" Jadi ya sebetulnnya Angel itu menerapkan konsep syariah atau bagi hasil dan bila rugi sama sama tanggung"

" Benar. Angel seperti itu paling banyak ada di negara non muslim. "

No comments: