Sunday, May 24, 2020

Vaksin bisnis multimiliar dollar AS.



“ Apakah benar China ingin mendapatkan keuntungan dari Vaksin COVID-19 “ tanya teman. Sebetulnya saya paham arah pertanyaan ini. Karena teman ini terperangkap dengan teori konspirasi. Seolah olah COVID-19 itu sengaja di create untuk tujuan bisnis dan sekaligus menjadi senjata memperkuat hegemoni secara global. Menurut saya ini karena kurang memahami informasi yang sebenarnya. Lebih kepada paranoia yang terlalu banyak dijejelai dengan asumsi dan pembenaran yang dikait kaitkan seakan benar adanya. Padahal itu hanya imaginasi saja.

“ Mengapa kamu punya pikiran seperti itu ?

“ Kan bisa saja COVID-19 sengaja diciptakan agar dapat uang dari vaksin. “

“ Engga bisa menyimpulkan seperti itu. Tapi kalau karena vaksin,  penemunya dapat untung besar, itu ada benarnya. “

“ Ya kan benar. Memang niatnya cari untung. Memang sengaja di create manusia“

“ Ya tapi  China engga kerja sendirian. Mereka juga melibatkan negara lain. “

“ Negara mana. ?

“ Nih contohnya.  GlaxoSmithKline Plc , perusahaan inggris bekerja sama dengan Clover Biopharmaceuticals yang berbasis di China untuk mengembangkan vaksin eksperimental. China juga kerjasama dengan Jerman. Shanghai Fosun Pharmaceutical Group Co juga mempatenkan vaksin yang sekarang sedang dikembangkan pada tahap pra-klinis oleh Mainz, BioNTech SE yang berbasis di Jerman dan biaya riset dari perusahaan AS. Paham ya. “ Kata saya.

“ Gimana dengan pemerintah China sendiri.? Katanya pemerintah China sedang berusaha dapat vaksin untuk tujuan sosial”

“ Sebetulnya bukan sosial. Yang pasti harganya lebih murah. Karena melibatkan lembaga riset pemerintah China. Seperti  CanSino Biologics Inc bekerja sama dengan China’s Academy of Military Medical Sciences melakukan uji coba klinis di Wuhan. Vaksin ini sangat pontesi sebagai senjata untuk melawan Covid 19.”

“ Gimana dengan AS ? 

“ Sama, Amerika melalui U.S. government’s Biomedical Advanced Research and Development Authority sedang bekerjasama dengan Sanofi and Johnson & Johnson untuk mengembangkan vaksin yang sama. Kalau berhasil ditemukan, harganya akan murah.” 

“ Gimana persaingan dan peluang produksi Vaksi ini ? 

“ Saat sekarang ada 23 industri Pharmaci yang sedang bersaing menemukan vaksin dan menjadi yang terbaik. Ya ini  peluang bisnis yang jarang terjadi dalam 100 tahun. Kalau berhasil ini akan jadi multibillion business.”

“ Perusahaan apa saja itu dan gimana prospeknya?

“ Diantaranya adalah  AMGN, dan Adaptive Biotechnology Corp, ADPT. Ini kolaborasi raksasa yang melibatkan dana riset ratusan juta dollar AS untuk menemukan antibodi yang dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati COVID-19. Mereka akan menguji Otezla sebagai terapi COVID-19 mengobati gangguan pernapasan pada pasien. Kedua perusahaan itu sejak mengumumkan rencana risetnya, saham AMG naik 0,73% dan Adaptive Biotechnology Corp. ADPT naik 4,22%.

Kemudian ada lagi, Altimmune Inc. ALT, yang bermitra dengan University of Alabama di Birmingham untuk mengembangkan vaksin COVID-19 dosis tunggal intranasal. Karena itu Saham Altimmune telah naik 60,8%. Padahal tadinya hanya naik 14,30%. Begitu juga dengan Pfizer Inc mengembangkan dan mendistribusikan BNTX. Sementara Lembaga Riset BioNTech SE sendiri bekerjasama dengan Shanghai Fosun Pharmaceutical Group Co. Ltd. di Cina. Mereka mendapat bayaran USD 563 juta atau Rp. 8 triliun dari Pfizer Inc. Saham BioNTech telah melonjak 47,6%

CytoDyn Inc. CYDY, -2,20%, sebuah perusahaan bioteknologi praklinis yang berbasis di Vancouver, juga sedang melakukan riset vaksin. Sebelum mengumumkan rencana risetnya sahamnya jatuh 2,20 %. Namun setelah mengumumkan, sahamnya naik 213%.  Ada juga Heat Biologics Inc. HTBX, yang beraliansi dengan Alliance for Biosecurity telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin untuk coronavirus baru dengan Fakultas Kedokteran Universitas Miami Miller. Saham Heat telah naik 14,8%.”

“Wow benar benar bisnis Vaksin sangat besar prospeknya. Belum ditemukan aja saham mereka udah melambung di bursa. Gimana kalau sampai ditemukan. Bisa super kaya mereka.”

“ Apapun bisnis yang menawarkan rasa aman dan nyaman pasti mudah dapatkan uang. Rasa aman dari penyakit yang bisa mematikan, apalagi belum ada obatnya, itu sangat mahal. Karena memang kehidupan itu sangat mahal. Makanya gunakanlah badan sehat untuk kebaikan. Kan sayang badan sehat dipakai untuk korup dan jahat. Kalau kesehatan membuat kita tidak produktif, dan malah berbuat negatif, itu benar benar bego. Engga sebanding mahalnya sehat dengan apa yang kita lakukan. “ 

No comments: