Wednesday, May 6, 2020

Rezeki


“ Babo, apa bedanya rezeki dan keberuntungan ? Tanya nitizen.

“ Rezeki itu pemberian Tuhan. Siapapun dapat porsi yang sama. Itu given, bukan pilihan. Kalau keberuntungan, itu tergantung effort dan skill. Itu soal pilihan“

“ Engga ngerti saya.”

“ Rezeki itu dia sudah ada sebelum kita ada. Dan dia ada ketika kita ada. Contoh udara, itu rezeki. Agar kita bisa bernafas. Akal dan pikiran, itu rezeki Tuhan. Agar kita bisa menemukan solusi dan kebijakan untuk bertahan dan berkembang dalam hidup. Dan rezeki terbesar dari Tuhan itu adalah kitab mulia dan sains. Karena dari sana kita menemukan rahasia rezeki dan tahu arti syukur.” 

“ Maksudnya?

“ Coba bayangkan, apa yang terjadi bila kita punya jasad tanpa pikiran? Kita akan hidup seperti hewan. Kita akan hidup seperti Malaikat yang hanya berbuat baik saja. Atau kita akan jadi setan yang hanya berbuat jahat saja. Tidak ada romantika kehidupan. Tidak ada hidup penuh warna. Tentu tidak akan ada perubahan peradaban. Manusia akan saling menghabisi, seperti hewan. Nah sampai di sini, kita bisa paham, bahwa rezeki itu adalah takdir.”

“ Paham Babo. Kalau keberuntungan?

“ Kalau anda dapatkan uang dari kerja keras sebagai profesional atau businessman atau judi atau apalah, itu keberuntungan. Itu prosess bisnis, sama dengan hukum alam atau aksi reaksi. Semakin besar effort anda semakin besar yang anda dapat. Namun pada waktu bersamaan resiko juga besar.  Jadi ini soal pilihan. Mau kerja keras hasil besar, resiko juga besar, kerja sedikit dapat sedikit, resiko juga kecil. Modal sedikit, laba sedikit, resiko kecil. Itu biasa saja. Siapapun bisa melakukannya. Apapun pilihan tidak ada yang seratus persen benar atau salah.”

“ Tapi orang yang beruntung pasti hidupnya bahagia?

“ Kebahagiaan itu tidak ada kaitanya dengan keberuntungan tetapi dengan spiritual. Adolf Merckle adalah orang terkaya di Jerman. Meningga karena menabrakan dirinya ke kereta Api. Akibat depresi. Michael jackson adalah seleb paling terkenal di bumi ini tetapi dia meninggal karena minum obat tidur overdosis. Penyebabnya depresi juga. G. Vargas, Presiden Brazil, berujung kepada bunuh diri dengan menembak jantungnya. Depresi juga.  Marlin Monroe, artis cantik dan terkenal di zamannya. Depresi. Ketergantung kepada alkohol dan obat obatan dan mati karena itu. Thierry Costa, Dokter terkenal dari Perancis dan pembawa acara TV, meninggal karena depresi akibat di bully oleh publik. Sulli, artis pemeran drama Korea Hotel del Luna tewas dengan cara gantung diri. Itu karena depresi di bully oleh publik."

“ Jadi gimana caranya bisa beruntung tapi kebahagiaan melimpah?

“ Pertama kamu harus bersukur dulu dengan rezeki pemberian Tuhan. Kalau kamu tidak bisa bersyukur maka keberuntungan tidak akan membuat kamu bahagia. Bahkan keberuntungan itu bisa membuat kamu bangkrut secara spiritual. Penyakit datang; obesitas, depresi, paranoid, kehidupan sex buruk,  ketergantungan dengan alkohol dan narkoba, rakus.“

“ Caranya seperti apa hidup bersukur itu ?. “

“ Ya hiduplah dalam dimensi cinta.  Menjauhi amarah dan sombong. “ Kata saya.

“ Ok Babo. Lanjut, terus kedua apa?

“ Kedua, hiduplah seimbang antara spiritual dan intelektualitas. Kalau beruntung yaa bersukur dan berbagi. Kalau rugi ya  bersabar. Datang dan pergi anggap biasa saja. Maafkan orang yang membenci kita. Hindari dendam dan berkeluh kesah. Selalu berprasangka baik.  Ketiga, hiduplah sederhana. Engga usah berlebihan, termasuk beragama. Orang yang hidup sederhana pasti dia mapan. Rezekinya melimpah. Karena dia pandai bersyukur dan tahu arti mencintai. Pahamkan sayang”

“ Paham Babo. Tadinya saya punya persepsi bahwa rezeki itu identik dengan harta, kekuasaan, ketenaran, kecantikan. Sebagai orang beriman, saya percaya bahwa rezeki itu adalah takdir. Bahwa Tuhan itu maha pengasih lagi penyayang. Ketika kita hidup, rezeki menyertai kita.” 

“ Ya Karenanya, takdir jangan hanya dimaknai terbatas. Tapi sesuatu yang sangat universal sekali yang berhubungan dengan hukum alam atau sunntullah. Sistem yang menjaga kelangsungan kehidupan di planet bumi ini adalah rezeki Tuhan. Nah kalau kamu percaya kepada Tuhan, kamu juga harus percaya kepada hukum ketetapan Tuhan atau hukum alam. Engga kerja engga dapat duit. Jadi benar kata kamu, bahwa kehidupan itu adalah rezeki Tuhan. Tidak ada yang bisa memprovide kehidupan kecuali Tuhan. Tugas kita hanya bersukur lewat cinta. Udahan ya”

“ Terimakasih Babo”

No comments: