Friday, May 8, 2020

Ternyata bisnis memancing emosi orang , sangat dahsat




“ Seluruh umat manusia mengenal Tuhan dan percaya kepada Tuhan. “ lanjutnya lagi, Sang angel tersenyum. Dia pikir anak muda ini sudah kehilangan harapan untuk menaklukannya. “ Kalaulah ada data statistik tentang seberapa banyak orang berbicara dengan Tuhan, tentu itu akan menempatkan rangking nomor satu paling banyak dalam berkomunikasi. Tetapi itu tidak pernah terungkapkan. Karena hubungan dengan Tuhan adalah hal yang sangat personal. Kami menyediakan aplikasi jaringan sosial ini tak lain mengangkat hubungan personal antara manusia dengan dirinya sendiri dan orang lain, yang tentu berhubungan dengan Tuhan.

Lewat jaringan sosial kami, pikiran mereka akan terungkapkan secara vulgar dan dalam hitungan detik akan tersebar keseluruh anggota lainnya. Apakah itu pesan cinta, benci, keluhan dan harapan. Tak penting. Akan selalu ada yang akan menanggapi dan memberikan komen. Dari sini terjadilah interaksi emosional. Mereka akan terperangkap dalam lingkaran yang saling membutuhkan secara virtual tanpa sekat etnis, agama, atau strata sosial. Semakin banyak interaksi semakin banyak rasa ingin tahu dan semakin terikat mereka satu sama lain. “ Katanya.

" Kami punya konsep membangun ekosistem bisnis. Ekosistem bisnis karena emosional personal. Bisa antar teman atau kelompok bisa juga antar dirinya sendiri.” katanya berbicara dengan nada datar di hadapan angel investor yang belum nampak reaksi antusiasnya atas prologh presentasi bisnis yang diadakan di ruang meeting yang megah itu. Dia terdiam sebentar. Melirik kearah sang angel. Kemudian dia melirik kearah layar presentasi. “ Nah anda bisa perhatikan data ini” lanjutnya “ Saat sekarang sudah tersambung 5 juta pemakai aplikasi jaringan sosial media kami. Walau motif mereka berbeda beda bergabung dalam jaringan kami namun tujuannya sama. Yaitu kepuasan secara personal. “

Dia kembali terdiam.

Suasana hening.

Sang angel nampaknya mulai larut dalam presentasi yang disampaikannya.  “ Keliatanya menarik. Cara sederhana mengalihkan pikiran orang kedinding ratapan untuk orang mengungkapkan apa saja sehingga menjadi daya tarik emosional diantara mereka. Cara smart membuat mereka bagian ekosistem bisnis yang tak dipisahkan oleh ruang dan waktu. Saya bisa memahami”

“ Anda bisa simpulkan, Apa yang dapat kita manfaatkan bila sepertiga saja manusia di planet bumi ini dalam lingkaran jaringan aplikasi sosial media kami. “

“ Paham saya. Itu nilai yang tak bisa diukur dengan uang. Dan saya akan keluarkan uang untuk konsep masa depan ini. “

Investasi yang dikeluarkan untuk membangun jaringan sosial ini sebesar USD 1 miliar dalam bentuk Loan to equity SWAP. Sebagian besar investasi untuk software development dan sebagian lagi untuk hardware berupa server untuk menyimpan data dan menggenerate komunikasi antar member lewat jaringan fiber optic dan satelite. 

Delapan tahun kemudian , facebook masuk ke bursa dengan value 25 kali lipat dari modal yang ditanam. Tahun 2019 marcap facebook sudah mencapai lebih dari USD 500 miliar  atau USD 718 miliar atau lebih separuh dari GNP Indonesia.

Anda bisa bayangkan, uang yang dikeluarkan USD 1 miliar dalam 8 tahun menjadi 25 kali lipat dihargai oleh pasar dan kini 700 kali. Apakah pasar dirugikan dari value yang begitu tinggi? tidak. Karena pasar bekerja bukan hanya berdasarkan nilai masa kini tetapi juga nilai masa depan atas dasar variable yang ada dimasa kini. 500 kali lipat itulah yang disebut dengan value dari sebuah visi masa depan. Bisnis Saudi Aramco yang punya beragam asset keras berupa kilang minyak dan sumur tetapi gagal mendapatkan value di market. Sementara bisnis vitual jaringan sosial media seperti facebook, alibaba, yang tidak ada pabrik dan sumber daya alam terlibat , ternyata lebih mudah diakui pasar sebesar 500 kali lipat. Itulah fakta di era sekarang.

No comments: